Big Ben, Jam Paling Terkenal di Dunia Berusia 150 Tahun

Big Ben, lonceng jam menara Westminster, yang melambangkan London dan Inggris di seluruh dunia, merayakan ulang tahun yang ke-150, Sabtu (11/7).

Big Ben adalah jam yang paling terkenal di negara-negara berbahasa Inggris; dan menara tinggi dengan gaya arsitektur Gothik tempat jam itu dipasang telah menjadi lambang kota London yang terkenal di seluruh dunia.

Dentang jam Big Ben menandai saat-saat kekhusukan dan perayaan pada awal tahun baru, serta awal acara mengheningkan cipta pada hari peringatan pahlawan yang gugur dalam peperangan. Lonceng raksasa jam Big Ben berbobot hampir 14 ton.

Pada lantai di bagian bawah terdapat mekanisme jam abad ke-19 yang tidak kalah mengagumkan. Pada zamannya, Big Ben merupakan jam yang paling tepat waktu di dunia.

Ini berkat teknologi revolusioner yang disebut alat mekanis pengatur gerak berkaki tiga ganda yang mencegah pengaruh angin terhadap keteraturan bandul atau pendulum raksasa jam tersebut. Hingga sekarang Jam Big Ben tetap berdetak secara akurat… sementara hari, tahun, dan bahkan abad berlalu.

Sumber: Kompas

Baca Artikel Berikut :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: