Perubahan Kotak Rokok di Malaysia dan Thailand

kotakrokok

Dua bulan terakhir ini saya perhatikan ada sesuatu yang lain di tampilan hampir semua rokok yang masuk Malaysia. Ya, kotak-kotak itu telah berubah wujud menjadi sesuatu yang agak menakutkan bagi orang-orang tertentu. Pemerintah Malaysia telah meletakkan gambar-gambar akibat dari perokok akut pada kotak depan rokok-rokok tersebut. Ternyata setelah membaca tentang masalah itu, Pemerintah Thailand juga telah memberlakukan perkara serupa kepada produsen-produsen rokok. Contoh beberapa kotak rokok tersebut.

rokok3en9hf1

Saya kurang tahu keberkesanan cara pemerintah Malaysia dan Thailand tersebut. Karena teman-teman saya yang merokok mereka tidak terlalu memperdulikan gambar-gambar mengerikan tersebut. Bahkan ada yang berkata lebih kurang seperti berikut

Hayahhh… tak nak aku tengok gambar-gambar ni. Bukak kotak ambik rokok dah simpan balik kotak tu ke kantong ~ Mr x

Dan setelah membaca-baca forum sebelum melakukan posting ini juga banyak yang merasa keberkesanan cara itu kurang ampuh.

Pendapat saya pribadi

Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Malaysia dan Thailand itu sudah cukup baik. Karena paling tidak pemerintah peka dan ingin mengajak, memberitahu masyarakat bahwa rokok itu sangat berbahaya. Karena walaupun para perokok tetap saja merokok, tapi diharapkan mereka akan semakin sadar, sedangkan yang baru akan mulai merokok merasa miris melihat gambar itu dan membatalkan niatnya. Alhamdulillah.

Walau emang sakit dan ajal itu ditangan Allah swt. Tetapi manusia selalu diberikan pilihan ke kiri atau kekanan. Apa salahnya kalau kita melakukan sesuatu yang baik bagi diri kita sendiri dan ummat manusia. Karena seperti yang kita ketahui bersama, perokok pasif dapat menerima racun yang lebih banyak daripada perokok aktif. Jadi kalau perokok aktif berkurang, maka tentunya perokok pasif akan juga berkurang. Perokok pasif akan menerima racun seperti di bawah ini berbanding dengan perokok aktif

  • 2 kali lipat nikotin
  • 3 kali lipat tar
  • 5 kali lipat karbon monoksida
  • 50 kali lipat bahan kimia berbahaya

Nah. Pemerintah Indonesia setidaknya juga boleh mencontoh langkah yang dilakukan dua negara tetangga tersebut, plus beberapa hal lain yang saya anggap perlu. Antara lain:

  • Sosialisasi sejak dini kepada siswa-siswa sekolah dan masyarakat umum. Sekarang ini sudah berjalan, tapi dapat lebih ditingkatkan lagi.
  • Peraturan mengenai larangan merokok di tempat-tempat umum lebih diperketatkan. Kalau ada yang melanggar langsung dihukum berat tanpa ampun. Dan penyediaan tempat-tempat khusus merokok harus diadakan bagi tempat yang dianggap rawan tempat orang berkumpul.

3 Balasan ke Perubahan Kotak Rokok di Malaysia dan Thailand

  1. Agus Suhanto mengatakan:

    salam,
    saya Agus Suhanto, tulisan yang oke🙂 … salam kenal yee

  2. azizfamily mengatakan:

    tQ,,,,,,
    sLm knal blik,,,,

  3. Samsuar Nurdin mengatakan:

    Di Indonesia kapan ya bisa seperti itu? Mari kita dukung trus Misi & Visi dari http://www.dilarangmerokok.com Kami tak sebatas bisa ngelarang, tapi berbuat nyata.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: